24 HOUR Persaingan bisnis tak pernah dapat dihindari, karena kebutuhan masyarakat akan meningkat dengan pasti. Dunia bisnis yang tengah berkembang pesat di Indonesia saat ini tidak sedikitpun meninggalkan kebutuhan akan pentingnya advertising agency. Mereka dianggap mampu untuk melakukan pembentukan opini masyarakat pada suatu brand dengan cara promosi.
Billboard atau baliho hari ini masih dianggap sebagai salah satu tools promosi yang patut dipertimbangkan dalam dunia bisnis maupun periklanan (advertising). Tetapi, keunggulan produk yang disampaikan secara persuasif pada space tertentu di tengah aktivitas masyarakat ini pun, masih di sering kali pertanyakan – efektifkah?
Masyarakat menghabiskan waktu untuk bergelut dengan berbagai situasi jalanan ketika berkendara. Satu hal yang sering kali dihindari, namun justru menjadi peluang bagi para pemilik bisnis dengan memanfaatkan industri periklanan adalah situasi jalan yang padat (macet).
Strategi pemilihan konten yang menarik dengan desain yang unik, pemilihan lokasi pemasangan billboard merupakan salah satu hal yang efektif ‘menggerakkan’ masyarakat pada keputusan pembelian.
Di dalam industri digital yang kompetitif, Billboard harus mampu meningkatkan interaksi antara Billboard dengan masyarakat yang sekarang dikenal dengan sebutan audiens. Audiens dalam hal ini mengandung arti interaktif, dialog langsung antara advertising agency, pemasang iklan dan audience di Billboard.
View this post on Instagram
Bagaimana untuk merespons hal tersebut? Teknologi QR code menjadi jawabannya. QR code berfungsi sebagai ”jembatan” penghubung secara cepat antara konten offline dan konten online yang dapat diwujudkan dengan berbasis data. Melalui kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. QR code mampu bertindak sebagai hyperlink fisik di Billboard yang dapat membuat Billboard menjadi “BERBICARA”.
Pemakaian QR code di Billboard juga bisa memberikan nilai tambah konten multimedia sebuah iklan. Pengiklan dapat memanfaatkan untuk memperluas product knowledge pelanggan dengan penjelasan tekstual atau penayangan video interaktif. Melalui QR code, pengiklan bisa juga mendapatkan respons audiens.
Dampak lain yang diharapkan dari pemanfaatan QR code adalah menjadi salah satu media transisi dan makin berkembangnya audiens muda. Pelajar SMA, misalnya, dapat meningkatkan pengetahuan umum melalui konten-konten yang dapat diakses dengan lebih mudah, menarik, dan lebih visual.
Ini adalah satu bentuk transformasi meningkatkan edukasi bagi kelompok audiens muda melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi. Banyak hal bisa dikembangkan untuk menambah pengetahuan dari suatu informasi yang disajikan dalam ruang terbatas. Jadi, tidak ada salahnya beriklan di billboard karena sampai saat ini billboard masih dianggap sebagai salah satu media yang cukup efektif untuk beriklan.

Optimalkan media promosi mulai dari Merchandise, Digital Printing, Billboard Malang, Percetakan Offset, segala kebutuhan cetak, kreatif dan promosi Anda